Senin, 05 November 2012

contoh permainan tradisional




PERMAINAN TRADISIONAL
Gobak Sodor
Galah Asin atau di daerah lain disebut Galasin atau Gobak Sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak era 1990an. Hampir di seluruh daerah di Indonesia mengenal permainan yang umumnya dimainkan oleh anak-anak dengan usia sekitar 6 tahun sampai dengan 13 tahun Bahkan termasuk oleh anak-anak di masa sebelumnya. Dan hari ini, permainan ini sepertinya sudah langka dijumpai di perkotaan. Bahkan di desa dan kampong pun mulai langka.
Cara bermainnya:
1.   Permainan galasin ini dimainkan oleh dua tim.
2.   Satu tim biasanya terdiri dari empat orang. Kelompok pertama sebagai pemeran dan kelompok kedua sebagai penjaga.
3.   Satu regu buat menjaga garis dan satu regu lagi untuk melewati garis tersebut.

4.   Setiap anggota harus melewati garis-garis yang telah dijaga sampai baris terakhir, setelah sampai baris akhir , semua anggota harus baik lagi ke baris awal dengan cara yang sama.
5.   Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.
6.   Bagi anggota yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal harus berusaha menghalangi lawan mereka yang berusaha melewati batas garis yang sudah ditentukan.
7.   Bagi anggota yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal, maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis vertikal yang terletak di tengah lapagan.
Nah, kalau itu adalah cara permainannya, ada juga aturan dalam permainan tradisional ini yang harus diperhatikan.
1.   Mencegat lawan agar tidak bisa lolos ke baris terakhir secara bolak-balik.
2.   Anggota tim yang mendapat giliran jaga harus menjaga lapangan agar tidak bisa dilewati oleh tim lawan, yaitu menjaganya di garis horisontal dan vertikal yang telah ditentukan.
Untuk menentukan tim mana yang menjadi pemenang, seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah di tentukan. Tim yang gagal melewati proses itu harus bergantin menjadi tim jaga.

Gambar :


Nilai yang terkandung didalamnya :
·        Meningkatkan kemampuan fisik.
·        Melatih kemampuan membaca gerak tubuh/gesture.
·        Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan menyusun strategi lebih  baik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar